Kamis, 01 November 2012

Harold D. Laswell

 
b. 13 Februari 1902 d. 18 Desember 1978
 pendidikan: Ph.B., Ph.D. (Universitas Chicago)

Harold
D. Laswell adalah ilmuwan sosial interdisipliner yang karyanya mencakup hukum, psikologi, ilmu politik, filsafat, ekonomi, dan sosiologi. Ia pernah menjabat sebagai dosen fakultas di Universitas Chicago dari tahun 1922 hingga tahun 1938. Selama Perang Dunia II, Lasswell memimpin perang penelitian komunikasi di Perpustakaan Kongres. Dia melanjutkan untuk bekerja sebagai profesor di Yale dari 1946 sampai kematiannya pada tahun 1978. Seiring dengan sesama Asil presiden Myres McDougal, Lasswell mengembangkan pendekatan ilmu politik untuk yurisprudensi dikenal sebagai Dia adalah seorang penulis produktif, menuliskan lebih dari 30 buku dan 250 artikel tentang topik mulai dari propaganda perang dengan hukum luar angkasa "School New Haven."

Bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi nama Harold D. Lasswell tentu tidaklah asing lagi, tentu mereka pasti mengenal formula arus komunikasi tertua di dunia: “Who says what in which channel to whom with what effect“ yang dibuat oleh Harold D. Lasswell.

 
PROSES KOMUNIKASI sebagaimana diutarakan diatas, yaitu suatu tindakan komunikasi menjawab pertanyaan tentang siapa yang menyampaikan, apa yang disampaikan, melalui proses saluran apa, kepada siapa, dan apa pengaruhnya. Aturannya ialah berawal dari sumber atau dapat disebut juga sebagai komunikator, dengan proses encoding (menyusun pesan dalam otak), didalam otak terjadi proses decoding (proses memahami dalam otak) yang dapat disebut juga proses komunike/pesan, maka setelah itu dilanjutkan dengan komunikan (noise/barrier) yaitu pembatasan, jika semuanya telah terproses maka terjadilah feedback. Percaya atau tidak, proses ini terus berlanjut sampai akhirnya proses komunikasi itu berakhir.


Sumber: www.bottbekk.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar