Kamis, 08 November 2012

PUBLIKASI ON LINE

PUBLIKASI ON LINE
(Pemanfaatan Ezine dalam Publisitas online)

PENULISAN DI MEDIA ONLINE
  1. Kenalilah karakteristik dari audiensi target, dan menulislah untuk mereka.
  2. Bangun dan sampaikanlah kemajuan yang logis dari sebuah ide.
  3. Tulislah blok tidak lebih dari 75 kata pada setiap halaman awal situs. Teks yang lebih panjang dapat ditulis pada halaman berikutnya.
  4. Jangan menggunakan clever headline, namun susunlah artikel anda dengan beberapa level headline sehingga pembaca dapat menyelesaikan bagian tersebut dan melanjutkan membaca atau memutuskan untuk meninggalkan halaman.
  5. Tulislah kurang dari 50% pada awal sebuah artikel. Kebanyakan pengguna internet melakukan scan copy sebelum memutuskan untuk menghabiskan waktu membaca artikel lebih dalam.
  6. Sorotlah kata-kata kunci melalui Link Hypertext, variasi ukuran huruf, atau warna.
  7. Gunakan dot poin ketika memungkinkan. Oleh karena layar komputer kecil, orang cenderung melihat sekilas pada elemen kunci dengan cepat.
  8. Gunakan gaya piramida terbalik untuk salinan dengan menempatkan informasi paling penting di bagian awal. Jangan kuburkan poin penting anda.
  9. Gunakan satu ide utama untuk setiap paragraf.
  10. Usahakan agar kalimat anda pendek, namun di lain pihak, anda harus ingat bahwa kunci sukses sebuah situs Web adalah ketika anda dapat menjawab pertanyaan yang diajukan pembaca.
 PERTIMBANGAN PENULISAN DI MEDIA ONLINE
  1. Tulislah dalam bentuk kalimat pasif. Pembaca akan lebih paham dengan kalimat pasif.
  2. Hapuslah frase preposisi. Preposisi yang sedikit akan memperpendek kalimat.
  3. Hapuslah klausa yang terlalu banyak, klausa hanya akan menambah panjang kalimat dan bukan makna.
  4. Tulislah dengan jelas karena kalimat yang jelas akan mempermudah pemahaman.
  5. Gunakan kata kerja yang kuat. Tulislah dengan jelas dan langsung pada pokok permasalahan.
  6. Gunakan kata-kata pendek yang mudah dipahami.
  7. Hapus pengkualifikasi yang tidak diperlukan. Gunakan pengkualifikasi hanya jika diperlukan.
  8. Gunakan kata-kata yang spesifik dan nyata serta pastikan pesan anda jelas.
  9. Gunakan istilah yang dipahami pembaca.


Sumber: Modul Cyber Public Relations Semester III - BSI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar