Kamis, 08 November 2012

EZINE

Newsletter bukan Katalog
     Newsletter berisi news, artikel, tips, event, statitistik, advis, produk suatu perusahaan dan lain-lain tentang industri tertentu. Katalog berisi produk-produk yang dijual perusahaan.

EZINE
      Ezine merupakan versi digital dari newsletter atau disebut juga. Ezine majalah elektronik atau newsletter elektronik yang dikirim kepada pembaca yang memintanya (subscribe). Didistribusikan lewat email. Ezine sarat akan informasi dan artikel serta solusi. Ezine bisa berbasis web dan e-mail.

Ezine berbasis WEB
     Biasanya memiliki format dan kesan seperti halnya majalah tradisional, dan umumnya berisi iklan, sponsor dan berbagai macam gambar serta isi yang menarik. Gratis tidak perlu bayar jika mau membaca lebih lengkap harus menjadi member dan membayar biaya langganan per tahun. Contoh : http://tempointeractif.com

Ezine berbasis Email
     Ezine ini akan dikirim langsung ke inbox. Tipe ini lebih efektif karena tipenya yang push dan selalu langsung dikirim ke inbox pelanggan. Co. http://cnet.com, http://emarketer.com. Ezine berbasis email umumnya lebih content-oriented dan pembacanya lebih targeted. Distribusinya bisa harian, mingguan atau bulanan.

     Mereka yang berminat perlu melakukan “subscribe” dan jika sudah bosan dapat melakukan “unsubscribe” kapanpun. Ezine adalah sarana publisitas di dunia maya. Dengan menjalankan fungsi E-PR maka kita dapat;
1. Memasang iklan produk / perusahaan
2. Menjadi sponsor suatu ezine untuk membidik calon pasar
3. Menulis artikel advertorial
4. Mengirim press release
5. Membangun dan mengembangkan enzine korporat

Alasan mengapa perusahaan perlu memanfaatkan Ezine
1. Memancarkan Kredibilitas
2. Mengingatkn konsumen
3. Memberikan kesan keahlian dan membangun loyalitas brand
4. Membuat pelanggan dan konsumen potensial selalu up to date
5. Membangun relasi bisnis
6. Perusahaan akan semakin dikenal
7. Membuat situs web selalu diingat

Tiga komponen dalam pemasaran Lewat E-Zine
1. Iklan lewat E-Zine
- Iklan tunggal
- Iklan sponsor
- Iklan baris (classified)
2. Menulis dan Mendistribusikan artikel E-zine
3. Melakukan Barter dengan penerbit Ezine lain.
- Cross promotion
- “Wording”penawaran produk ke pemilik Ezine.

Manfaat memasang iklan di E-zine
1. Target pembaca sudah tersegmen
2. Cuma-Cuma dalam jangka panjang
3. Mengukur efektivitas iklan dengan cepat
4. Target pembaca sudah percaya terhadap E-zine
5. Persaingan sedikit kurang
6. Biaya sangat hemat namun efektif
7. Bonus sebagai kolumnis

Enam cara berpromosi Lewat E-zine
Berikut ada enam cara untuk membangun hubungan bisnis sehingga perusahaan bisa memaksimalkan pemasaran lewat content newsletter elektronik. (Tamara Halbritter dan Hank Stroll):
1. Perlihatkan berharganya content E-zine bagi pelanggan
2. Bangun Kerpercayaan
3. Tetap stabil
4. Jaga dan Pertahankan Atensi mereka
5. Tangkap calon konsumen
6. Close-kan penjualan

Sembilan cara membuat E-zine anda populer dan menjadi profit center yaitu :
1. Singkat
2. Format yang konsisten
3. Taruh link
4. Pancing Mereka ke SitusWeb
5. Berikan informasi yang berguna
6. Beri tahu mereka yang sukses
7. Barter promosi
8. Tawarkan produk dan Bisnis anda
9. Arsip

Beberapa alamat Ezine yang bisa di coba:
http://info.balitacerdas.com
http://www.bjoconsulting/profil ezine.htm.
www.ezineSearch.com
www.newsDirectory.com


Sumber: Modul Cyber Public Relations Semester III - BSI

3 komentar: