Rabu, 07 November 2012

MEMBANGUN E-PR

     World Wide Web dapat dianggap sebagai media massa PR pertama karena media ini memungkinkan komunikasi yang tertata mengalir langsung antara organisasi dengan audiensi massa tanpa fungsi penjaga pintu seperti apa yang ada di media massa lain.

     Kedatangan medium baru ini sebagai alat komunikasi PR, telah memacu peningkatan minat dalam membangun hubungan melalui internet.

     Internet dipandang sebagai media yang sesuai sebagai sarana PR di dalam melakukan promosi. Namun sebelum memutuskan untuk menggunakan E-PR sebagai sarana promosi, beberapa hal yang menjadi pertimbangan adalah “ apa yang ingin anda capai dan bagaimana cara mencapainya”

     Dengan demikian, dua hal yang menjadi penting dalam persiapan membangun E-PR, yaitu:
1. Tujuan E-PR
2. Strategi E-PR

Tujuan E-PR
     Pada prinsipnya tujuan E-PR harus memiliki dua elemen: 1) apa yang ingin anda capai dalam bisnis (bagi anda dan audiens) dan waktu pencapaian tujuan tersebut. Terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika anda menerapkan kedua elemen tersebut:
1. Spesifik
2. Realistik
3. Pikirkan tentang audiens

Strategi E-PR 
     Memuat cara bagaimana kita akan tiba pada tujuan tersebut. Beberapa hal yang diperlukan untuk melakukan langkah tersebut adalah: 
Menentukan Target Audience
Audiens meliputi:
•Konsumen
•Calon konsumen
•Investor
•Pesaing
•Organisasi perdagangan
• Jurnalis
• Kalangan Industri
• Moderator Diskusi kelompok
• Karyawan
• Regulator online
• Pemasang iklan online
• Sponsor online
• LSM
• Perusahaan yang terhubung ke dan dari website anda

     Yang perlu diperhatikan, dalam setiap audiens terdapat beberapa batasan yang harus dibuat dengan cara memperhatikan faktor-faktor berikut:
• Usia
•Geografi
•Gender
•Sosial-Demografi
•Pemakai internet
•Loyalitas


Sumber: Modul Cyber Public Relations Semester III - BSI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar