FENOMENA CYBER PUBLIC RELATIONS
Oleh : Welly
Fitra
Divisi Litbang
2O09-2O10
Penemuan dan inovasi dalam bidang
teknologi saat ini sudah sangat pesat. Hal ini tentu saja mempengaruhi banyak
hal. Sebut saja peredaran informasi. Kemajuan teknologi saat ini membuat
peredaran informasi menjadi semakin cepat dan mudah. Seperti teknologi internet,
hanya dengan membuka suatu situs tertentu, atau mengikuti milis dari Group
tertentu, maka segala informasi dapat kita akses dengan mudah, tanpa ada
batasan ruang dan waktu. Dan kita sebagai masyarakat sadar teknologi mau tidak
mau harus selalu mengikuti segala perkembangan yang terjadi agar tidak menjadi
orang yang tertinggal atas informasi.
Fenomena dunia internet atau cyber
ini juga mempengaruhi dunia Public Relations didalam sebuah
korporat. Sehingga muncul lah istilah Cyber Public Relations atau E-PR.
Secara harfiah, mungkin E-PR ini diartikan sebagai kegiatan Public
Reations yang dilakukan menggunakan media internet atau secara cyber.
Namun, Cyber PR ini sendiri berarti kegiatan kehumasan (PR)
yang dilakukan dengan sarana media elektronik internet atau cyber dalam
membangun merek (brand) dan memelihara kepercayaan (trust),
pemahaman, citra perusahaan atau organisasi kepada publik atau khalayak dan
dapat dilakukan secara one to one communication dan bersifat
interaktif.
Dengan kegiatan yang dilakukan Cyber
PR ini, kita dapat melewati batas penghalang baik ruang ataupun waktu
dalam kegiatan kehumasan kita. Sebut saja menyampaikan pesat korporat kepada
publik yang menjadi target, tanpa harus melakukan Media Relations
yaitu dengan memanfaatkan media massa.
Ataupun melakukan Press
Conference melalui fasilitas Video Conference. Hal ini tentu saja
memudahkan kita sebagai calon praktisi untuk melaksanakan tools of Public
Relations tanpa harus direpotkan oleh persiapan yang lama ataupun biaya
yang mahal. Semua dapat dengan mudah dilakukan melalui media cyber.
Ditambah lagi, untuk biayanya
sendiri tergolong murah. Korporat tidak perlu menyewa Advertising Agency
untuk sarana pembuatan iklan atau meminta bantuan Stasiun Televisi untuk
melakukan Press Conference.
Namun, pada dasarnya tujuan dari
kegiatan Public Relations ini sendiri adalah untuk membentuk dan
mengembangkan opini publik yang positif terhadap korporat. Dan cyber PR
merupakan fenomena yang tidak bisa dihindari, mengingat publik pun mengikuti
perkembangan zaman yang semakin luas dan tidak terbatas.
Namun, apakah kita sudah siap dalam
menghadapi fenomena cyber ini sendiri? Jawabannya ada ditangan kita,
apakah perkembangan zaman hanya akan kita lihat dan nikmati sebagai fenomena
tanpa ikut berpartisipasi didalamnya? Semuanya tergantung kita sebagai penerus
bangsa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar