Rabu, 07 November 2012

FENOMENA CYBER PUBLIC RELATIONS


FENOMENA CYBER PUBLIC RELATIONS
Oleh : Welly Fitra
Divisi Litbang 2O09-2O10 

     Penemuan dan inovasi dalam bidang teknologi saat ini sudah sangat pesat. Hal ini tentu saja mempengaruhi banyak hal. Sebut saja peredaran informasi. Kemajuan teknologi saat ini membuat peredaran informasi menjadi semakin cepat dan mudah. Seperti teknologi internet, hanya dengan membuka suatu situs tertentu, atau mengikuti milis dari Group tertentu, maka segala informasi dapat kita akses dengan mudah, tanpa ada batasan ruang dan waktu. Dan kita sebagai masyarakat sadar teknologi mau tidak mau harus selalu mengikuti segala perkembangan yang terjadi agar tidak menjadi orang yang tertinggal atas informasi.

     Fenomena dunia internet atau cyber ini juga mempengaruhi dunia Public Relations didalam sebuah korporat. Sehingga muncul lah istilah Cyber Public Relations atau E-PR. Secara harfiah, mungkin E-PR ini diartikan sebagai kegiatan Public Reations yang dilakukan menggunakan media internet atau secara cyber. Namun, Cyber PR ini sendiri berarti kegiatan kehumasan (PR) yang dilakukan dengan sarana media elektronik internet atau cyber dalam membangun merek (brand) dan memelihara kepercayaan (trust), pemahaman, citra perusahaan atau organisasi kepada publik atau khalayak dan dapat dilakukan secara one to one communication dan bersifat interaktif.

     Dengan kegiatan yang dilakukan Cyber PR ini, kita dapat melewati batas penghalang baik ruang ataupun waktu dalam kegiatan kehumasan kita. Sebut saja menyampaikan pesat korporat kepada publik yang menjadi target, tanpa harus melakukan Media Relations yaitu dengan memanfaatkan media massa.
Ataupun melakukan Press Conference melalui fasilitas Video Conference. Hal ini tentu saja memudahkan kita sebagai calon praktisi untuk melaksanakan tools of Public Relations tanpa harus direpotkan oleh persiapan yang lama ataupun biaya yang mahal. Semua dapat dengan mudah dilakukan melalui media cyber.
Ditambah lagi, untuk biayanya sendiri tergolong murah. Korporat tidak perlu menyewa Advertising Agency untuk sarana pembuatan iklan atau meminta bantuan Stasiun Televisi untuk melakukan Press Conference.
Namun, pada dasarnya tujuan dari kegiatan Public Relations ini sendiri adalah untuk membentuk dan mengembangkan opini publik yang positif terhadap korporat. Dan cyber PR merupakan fenomena yang tidak bisa dihindari, mengingat publik pun mengikuti perkembangan zaman yang semakin luas dan tidak terbatas.

     Namun, apakah kita sudah siap dalam menghadapi fenomena cyber ini sendiri? Jawabannya ada ditangan kita, apakah perkembangan zaman hanya akan kita lihat dan nikmati sebagai fenomena tanpa ikut berpartisipasi didalamnya? Semuanya tergantung kita sebagai penerus bangsa.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar