Rabu, 07 November 2012

Definisi Public Relations


Definisi Public Relations

     Public Relations adalah gabungan dari dua buah kata yaitu “ Public” dan “Relations”. Public adalah salah satu kelompok dalam masyarakat dimana di dalam masyarakat yang sifatnya heterogen. Terdapat sekelompok orang yang sifatnya homogen. Yang homogen inilah yang dapat dikategorikan sebagai public. Kata public secara universal yaitu sekelompok orang yang sama terhadap sesuatu hal.

     Dalam bahasa Indonesia kata “Relation” diterjemahkan sebagai “Hubungan” tetapi dalam kaitannya dengan PR. Relations yang dimaksud adalah Jamak. Dari pengertian kata Relations bahwa hubungan yang dilakukan dalam kegiatan PR adalah banyak. Dalam arti kata kegiatan PR pada pelaksanaannyamelibatkan berbagai macam hubungan, tidak hanya dalam suatu macam hubungan.

Defini Humas/PR
¶     Menurut British Institute of  Public Relations
  • Public Relations activity is management of communications between an organization and its public.
  • Public Relations practice is deliberate , planned , and sustain effort to establish and maintain mutual understanding between an organization and its public.
¶     Menurut Frank Jeffkins adalah Public Relations consist of all forms of planned communications , outward , between , an organizations and its public for the purpose of  achieving spesivic objectives concering mutual understanding. (PR merupakan keseluruhan bentuk komunikasi yang terencana,baik itu keluar maupun ke dalam, yakni antara suatu organisasi dengan publiknya dalam rangka mencapai tujuan yang spesifik atas dasar adanya saling pengertian).

¶     Menurut Cutlip,Center and Broom adalah PR is management function that iderntities, establish, and maintains mutually beneficial relationship between an organizations and the various publics on whom it's success or failure depends.

     Definisi ini menjelaskan bahwa PR adalah fungsi manajemen yang menyatakan, membentuk dan memelihara hubungan yang saling menguntungkan antara organisasi dengan berbagai macam publik. Dimana hal tersebut dapat menentukan sukses atau gagalnya organisasi.

¶     Menurut  Grunig mengembangkan definisi tersebut menjadi manajemen komunikasi antara organisasi.

¶     Menurut Lawrence W.Long dan Vincent Hazelton mengembangkan sebuah definisi baru yang lebih modern dan memadai bahwa Public Relations adalah fungsi komunikasi melalui adaptasi organisasi, mengubah atau membina hubungan dengan lingkungan dengan tujuan bersama-sama mencapai tujuan organisasi. Pendekatan ini menggambarkan bahwa Public Relations adalah lebih dari sekedar mempersuasi melainkan juga membantu mengembangkan kondisi komunikasi terbuka, saling pengertian/saling memahami dengan di dasari ide bahwa organisasi juga mau berubah (dalam proses berprilaku dan bersikap) tidak hanya sebagai sasaran khalayak saja.




Sumber : http://ravieka.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar